Senin, 01 Juli 2013

Makalah


Layanan Informasi di Pusat

Pelayanan Informasi





Disusun oleh :

Vina Nur Itsna Ningrum


13040112130059


A



Jurusan Ilmu Perpustakaan

Fakultas Ilmu Budaya


Universitas Diponegoro



ABSTRAK

   Perpustakaan merupakan sarana atau tempat yang menyediakan informasi apa saja yang sedang dibutuhkan oleh seseorang.Di perpustakaan tidak hanya terdapat buku saja seperti anggapan orang selama ini,namun juga terdapat alat-alat elektronik yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Sedangkan pengertian dari pustakawan adalah seseorang yang bertugas didalam perpustakaan dan mempunyai standar khusus untuk menjadi pustakawan. Dalam peraturan pustakawan profesional sekurang-kurangnya harus berijazah formal Strata 1 (S-1) perpustakaan, atau bidang lain ditambah pelatihan penyetaraan atau pelatihan perpustakaan setara 728 jam atau menurut peraturan perundang-undang.





BAB I


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
    Perpustakaan merupakan sarana atau tempat yang menyediakan informasi apa saja yang sedang dibutuhkan oleh seseorang.Di perpustakaan tidak hanya terdapat buku saja seperti anggapan orang selama ini,namun juga terdapat alat-alat elektronik yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan.Dan selain terdapat berbagai informasi juga terdapat orang yang bekerja di perpustakaan dan bertugas untuk memberikan informasi kepada pemustaka (orang yang datang dan manfaatkan perpustakaan).
     Pustakawan mempunyai tugas dan kewajiban salah satu yang utama yaitu melayani pemustaka sebaik mungkin dari sini artinya seorang pustakawan wajib membantu dan melayani pemustaka dengan baik dengan cara berusaha mencari informasi yang sedang dicari pemustaka.
      Saya menulis ini karena saya mempunyai pengalaman yang kurang menyenangkan dalam layanan informasi di perpustakaan,kejadian seperti ini terjadi bertahun-tahun yang lalu dan pada waktu itu saya masih duduk dibangku kelas 2 sekolah menengah ke atas dan saya sedang mencari buku untuk menyelesaikan tugas. Saya menanyakan buku yang sedang saya cari kepada seorang pustakawan yang sedang bertugas disana. Petugas itu sedang asyik membaca sebuah majalah dan ketika saya menanyakan buku , beliau menyuruh saya untuk mencari di semua rak dan saya tidak menemukan buku saya cari,kemudian saya menemui pustakawan itu lagi karena disana hanya ada satu pustakawan yang sedang tidak mencarikan buku atau informasi.terhadap pemustaka.Ketika saya menanyakan lagi pustakawan tersebut malah memarahi saya dan kemudian kembali membaca majalah. Kemudian salah satu pustakawan datang menghampiri karena mendengar keributan dan menanyakan pada saya apa yang terjadi , kemudian saya menceritakan semuanya. Pustakawan yang baru datang itu langsung memarahi pustakawan yang sedang asyik membaca dan menyuruh mencarikan buku yang sedang saya cari dan kemudian pustakawan tersebut meminta maaf kepada saya.

B. Tujuan
     - Mengetahui arti pustakawan
     - Mengetahui tugas dan kewajiban pustakawan
     - Mengetahui apa saja yang ada diperpustakaan

C. Manfaat
     -  Menambah pengetahuan tentang pustakawan
     -  Mengenalkan tugas dan kewajiban pustakawan

D. Rumusan Permasalahan
     - Sikap apa saja yang harus dimiliki pustakawan ?
     - Apa saja syarat menjadi seorang pustakawan ?
     - Bagaimana cara memperlakukan pemustaka dengan baik ?

BAB II
PEMBAHASAN

       Perpustakaan menurut pak Sulistyo,Basuki adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca ,bukan untuk dijual(Sulistyo,Basuki ,1991) sedangkan menurut undang-undang no. 43 tahun 2007 perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional.
   Sedangkan pengertian dari pustakawan adalah seseorang yang bertugas didalam perpustakaan dan mempunyai standar khusus untuk menjadi pustakawan. Sikap yang harus dimiliki seorang pustakawan adalah sebagai berikut :

a. Mempunyai kepribadian yang baik/ good personality 
    - Memiliki kemauan menolong orang lain 
    - Rendah hati 
    - Peka thd kebutuhan orang lain 
    - Ramah, sabar 
    - Komunikatif 
    - Terbuka 
    - Tekun, teliti 

b. Mempunyai dasar iman yang baik 
  Dasar iman yang baik membuat seseorang memiliki kasih, kepedulian, pengertian, penguasaan diri, dedikasi, komitmen, dsb. Dasar iman yang baik, menjadi modal yang sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang yang terpancar dalam 
tindakan dan ucapannya. 

    - Mampu mendisiplinkan diri 5
     Sebelum kita mengharapkan orang lain (pengguna, rekan kerja) disiplin, kita harus mendisiplinkan diri terlebih dahulu. Disiplin terhadap diri sendiri merupakan langkah awal dalam mewujudkan sikap profesional. 

   - Berpikir positif/positive thinking
     Berpikir positif terhadap pengguna, diri sendiri, atasan dan rekan kerja, profesi dan organisasi. Cara berpikir yang positif sangat mempengaruhi cara pandang, sikap dan tindakan kita terhadap orang lain. Berpikir positif dapat menjadi kunci keberhasilan seseorang dalam melakukan komunikasi dan sosialisasi terhadap orang lain. Sikap yang kita pancarkan biasanya merupakan sikap yang kita dapatkan kembali. 

  - Empati 
  Pemahaman pikiran-pikiran, perasaan, kebutuhan dan penderitaan orang lain dengan cara menempatkan diri ke dalam kerangka psikologis orang tersebut. Empati sangat diperlukan ketika kita menghadapi pengguna dengan berbagai permasalahan dan kebutuhannya akan informasi. 

- Mempunyai komitmen untuk melayani 
  Mengutamakan kepentingan pengguna diatas kepentingan pribadi merupakan 
komitmen yang harus dimiliki.

       Syarat menjadi pustakawan profesional harus memiliki potensi berikut ini :


(1) mempunyai pengetahuan atas isi sumber daya informasi, 
termasuk kemampuan mengevaluasi,

(2) memiliki pengetahuan subjek khusus yang cocok dan 
diperlukan oleh organisasi induk atau pengguna jasa,

(3) mengembangkan dan mengelola jasa informasi yang nyaman, mudah diakses dan murah (cost effective) sejalan dengan arahan strategi organisasi,

(4) menyediakan pedoman (Prosedur Operasional Standar/SOP)

dan dukungan untuk pengguna jasa dalam mengkaji kebutuhan

informasi dan nilai tambah jasa informasi serta produk yang

memenuhi kebutuhan,

(5) menggunakan teknologi informasi yang sesuai untuk 
mengadakan, mengorganisasikan dan mendiseminasikan 
informasi,

(6) menghasilkan produk informasi khusus untuk digunakan 
di dalam maupun di luar organisasi atau oleh pengguna 
perorangan,

(7) mengevaluasi hasil penggunaan informasi dan melakukan 
kajian yang berhubungan dengan permasalahan manajemen 
informasi,

(8) meningkatkan jasa informasisecara berkelanjutan untuk 
menjawab tantangan danperkembangan,

(9) merupakan anggota dan tim manajemensenior atau 
konsultan bagi organisasi tentang isu informasi.

Dalam peraturan pustakawan profesional sekurang-kurangnya harus 

berijazah formal Strata 1 (S-1) perpustakaan, atau bidang lain 

ditambah pelatihan penyetaraan atau pelatihan perpustakaan setara 

728 jam atau menurut peraturan perundang-undang

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan
     Sebagai pustakawan seharusnya dapat mengetahui berbagai hal yang dibutuhkan pemustaka,selain itu pustakawan dituntut untuk mempunyai sikap yang baik dan ramah terhadap siapa saja terutama terhadaap pemustaka . Maka dari itu dari pengalaman yang pernah saya alami, pustakawan tersebut kurang ramah terhadap pemustaka.

2. Saran
- Perlunya peningkatan mutu dan kualitas pustakawan agar dapat menarik perhatian minat pengunjung perpustakaan
- Meningkatkan fasilitas yang ada diperpustakaan


Sumber :

- http://wwwilmuperpuscom.blogspot.com/2010/03/pengertian-perpustakaan-menurut-para.html (diakses pada tanggal 1juli 2013)
- http://www.pu.go.id/satminkal/itjen/peraturan/UU_43_2007_PERPUSTAKAAN.pdf (diakses pada tanggal 1juli 2013)
http://dunialibrary.wordpress.com/2011/04/18/pustakawan-profesional/ (diakses pada tanggal 1juli 2013)
http://www3.petra.ac.id/library/upload.php?act=get&id=33 (diakses pada tanggal 1juli 2013)


0 komentar:

Posting Komentar

pada komen akk ea !Q!!!!Q!!!!!!

By :
Free Blog Templates